15 Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Ilmudoa.net – Siapa orang tua yang tidak menginginkan anaknya sholeh, pintar, penurut dan berbakti pada orang tua. Karena akhir – akhri ini aku sendiri sangat miris dengan apa yang terjadi dimana banyak anak yang sudah tidak menghargai orang tuanya sendiri bahkan ada juga yang membunuh ibu atau bapanya sendiri, seungguh memprihatinkan.

Untuk itu kamu perlu memberikan perhatian dan pendidikan yang lebih untuk membuatnya menjadi lebih baik, jangan sampai mudah terpengaruh oleh hal – hal yang tidak baik. Karena pada dasarnya kita sebagai orang tua telah memberikan yang terbaik namun lingkungan bisa merubahnya menjadi garang dan amburadul, baik itu lingkungan tempat nongkrong atau lingkungan lainnya.

Pada artikel kali ini aku akan membahas mengenai hal tersebut dan di awali dengan beberapa kumpulan doa yang bisa membantu dalam membuat anak yang kita punya menjadi lebih baik lagi dan tidak mudah terpengaruh oleh hal – hal jelek di luar sana. Lengkap berserta dengan latin dan artinya agar lebih mudah untuk diahami apa maksud dari doa tersebut.

Doa dan Amalan Orang Tua Untuk Anak

  1. Doa agar anak menjadi sholeh, cerdas dan pintar (bisa juga digunakan untuk anak pertama)

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Artinya :

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

  1. Doa agar anak menjadi sholeh, cerdas dan pintar (bisa juga digunakan untuk anak kedua)

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Artinya :

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

  1. Doa agar anak menjadi sholeh, cerdas dan pintar (bisa juga digunakan untuk anak ke tiga)

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Artinya :

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

  1. Doa agar anak menjadi sholeh, penurut dan tidak nakal

Untuk yang satu ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya dimana ada beberapa tahapan doa yang harus kamu lakukan dan doa ini berasal dari ayat Al – Quran.

  • Kamu baca surat Al Fatihah
  • Dilanjutkan dengan membaca ayat Kursi
  • Kemudian baca surat Al Insyirah
  • Setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat Thaahaa ayat 1 – 5

Cara Mengamalkannya :

Adapun cara mengamalkannya yang di awali dengan niat dalam hati untuk bisa mendapatkan anak yang sholeh dan sholehah serta penurut dan tidak nakal yang dilanjutkan dengan membaca doa atau amalan di atas. Setelah itu kamu hembuskan ketika anak tersbut sedang tidur. Tepat pada bagian hidungnya ketika dia sedang menarik nafas masuk. Lakukan secara terus menerus (berulang), Insyaallah dia akan menjadi anak yang seholeh, penurut dan tidak nakal.

Doa dia atas akan lebih lengkap lagi jika dilanjutkan dengan membaca doa amalan Nabi Daud dan Nabi Ibrahim :

Doa Amalan Nabi Daud

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Cara Mengamalkannya :

Untuk doa amalan Nabi daud ini bisa dilakukan ketika kamu memberikan makanan padanya dan bacakan amalan di atas sebanyak 3 kali dan hembuskan pada makanan dan minuman yang akan diberikan. Apabila anak tersebut masih menyusu kamu juga bisa menghebskannya pada ai susu tersebut, Insyaallah anak tersebut akan menjadi penurut dan tidak nakal.

Doa Amalan Nabi Ibrahim

Doa Orang Tua Agar Anak Pintar Penurut dan Selalu Berbakti

Cara Mengamalkannya :

Untuk cara mengamalkannya juga cukup mudah, kamu cukup baca doa ini setelah selesai melaksanakan sholat, insyaallah anak tersebut menjadi anak yang sholeh dan tidak akan meninggalkan shalatnya.

Selain dari doa – doa di atas yang bisa kita amalakan dan panjatkan agar bisa mendapatkan anak yang sholeh, pintar, cerdas, patuh dan tidak nakal tentunya harus juga dibarengi dengan cara – cara yang bisa membantu hal tersebut. Dalam arti membuatnya menjadi lebih baik dengan berinteraksi langsung dengan anak tersebut. Untuk itu aku juga akan memberika beberapa tips untuk mendidik anak menjadi apa yang kita inginkan dalam arti menjadi lebih baik.

Tips Mendidik Anak yang Baik

Tips kali ini lebi ditekankan pada anak agar tidak keras kepala, manja dan bisa mandiri. Kadang orang tua ada yang tidak tega membuat anakanya menangis bahkan apapun yang mereka pinta selalu dikabulkan, ingat hal itu bisa membuatnya ketergantungan dengan kita dan akan sulit untuk menjadi mandiri. Oke lagsung saja kita bahas satu per satu.

mendidik anak yang baik

  1. Jangan Selalu Mengikuti dan Menuruti Apa yang Diinginkan Oleh Anak

Seperti yang sudah aku singgung di atas kita sebagai orang tua jangan selalu menuruti apa yang diinginkan oleh anak apalagi hal – hal yang kurang masuk akal dan bisa membuatnya menjadi nakal. Kita sebagai orang tua harus bisa memilih mana yang terbaik buat dia dan jangan terlalu dikekang juga, bicarakan dengan baik dan sebutkan kenapa kita sebagai orang tua tidak mengikuti apa yang dia inginkan. Buat dia mengerti dan ketika kita memberikan apa yang dia iginkan juga harus dipertanggung jawabkan oleh si anak tersebut dalam arti belajar bertanggung jawab.

  1. Jangan Pernah Melakukan Kontak Fisik dengan Anak

Senakal – nakalnya jangan dulu langsung dengan kekerasan, melaikan bicarakan, beri nasihat dan pengertian bahwa hal tersebut itu tidak bagus. Anak yang sering di siksa maka mentalnya atau kejiwaannya bisa terganggu. Anak adalah titipan tuhan yang wajib untuk kita rawat bukan di siksa, malah kita juga diharuskan untuk membebaskan budak jika mampu. Ingat kekerasan tidak akan membuat anak menjadi jera yang ada malah membuatnya semakin nakal dan yang paling parah lagi membantah pada orang tua. Makanya semenjak dini anak diberikan perhatian dan pendidikan yang mempuni agar bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, selalu kita arahkan dan tegur dengan sewajarnya jika dia melakukan kesalahan.

  1. Jangan Terlalu Membatasi Gerak Mereka

Ini jangan , itu jangan, ini kotor itu jelak tapi biarkan dia merka berkrasi dan biarkan mereka kotor – kotoran yang penting masih dalam pengawasan kita sebanai orang tua. Jangan juga di biarkan begituh saja, karena sudah banyak korban seperti anak jatuh ke got, ke kolam dan sebagainya yang mengakibatkan hilangnya nyawa anak tersbeut karena kita membebaskannya tanpa adanya pengawasan. Jika terlalu exstrim dikasih tahu terebih dahulu kalau itu tidak baik dan jangan dulu dilakukan karena belum cukup umur atau sebagainya jangan langsung main larang apalagi dengan kekerasan.

  1. Latih Terus Untuk Berkata Jujur

Kamu sendiri pasti pernah menipu orang tua kamu apalagi waktu masih sekolah, ya bisa dibilang UNIKO (usaha nipu kolot) kalau di daerah aku. Bilangnya harus beli ini itu padahal tidak ada yang nyuruh dan uangnya malah di pake beli yang aneh – aneh. Maka dari itu hal ini jangan sampai terjadi pada anak kita, jangan sampai anak selalu berbohong. Kita juga sebagai orang tua jangan pernah berkata bohong kepada anak dan di depan anak. Jika anak selalu berkata jujur kita juga yang senang tanpa harus bingung apa yang sebenarnya terjadi.

  1. Berikan Perhatian

Anak itu ibaratkan pacar atau kekasih yang sama – sama perlu perhatian atau mungkin lebih tepatnya harus peka. Dengan demikian anak akan merasa nyaman dengan kita dan kita selalu mengerti mereka sehingga itu akan membuatnya menceritakan apa keluh kesah yang sedang mereka alami. Akan tetapi jangan juga terlalu dimanja karena itu bisa membuat anak ketergantungan dengan kita, anak juga harus dilatih mandiri.

Bukan hanya itu saja melainkan juga bisa dengan :

  • Mengajarkan dan mengasah kemampuan berpendapat
  • Mengajarkan dan meningkatkan rasa ingin tahu yang tinggi
  • Mengajarakan kemandirian serta rasa tanggung jawab
  • Mengajarkan dan menumbuhkan rasa sosial, berempati dan lainnya
  • Mengajarkan sikap dan sifat yang baik, dll

Dari tips diatas bisa kita ketahui bahwa peranan orang tua itu sangat penting bagi anak. Makanya tidak jarang anak yang orang taunya tidak lengkap atau diasuh oleh neneknya menjadi nakal atau manja. Dibawah ini ada juga pearana orang tua menurut islam yang wajib untuk kamu ketahui.

Peranan Orang Tua Terhadap Anak Menurut Islam

  1. Orang tua sebagai madrasah utama bagi anak – anaknya

Sebelum anak menuntut ilmu diluar, kita sebagai orang tua merupakan guru utama dalam memberikan pendidikan, terutama pendidikan agama. Didiklah anak – anakmu sesuai ajaran islam mulai dari yang kecil seperti cara makan, berdoa sebelum makan berbicara sopan mengucapkan salam san lain sebagainya. Jangan sampai nanti ketika kita sebagai orang tua sedang sakaratul maut, anak malah kebingungan dan mencari orang lain untuk mentalqinkan, membaca yasin dan lainnya karena dia tidak tahu dan tidak bisa.

  1. Menjaga dan mengontrol tingkah laku anak saat diluar rumah

Hal ini sangat jarang disentuh oleh para orang tua, kadang mereka melepasnya begituh saja dan menganggapnya wajar. Hati – hati karena ama – kelamaan sang anak akan menjadi seiring bertambahnya usia. Jadi tetaplah dalam pengawasan kita sebagai orang tua. Mengontrol disini tidak selalu kita ikuti kemanapun dia pergi tapi bertanya pada orang – orang terutama gurunya saat disekolah.

  1. Membangun kepribadian dan pengetahuan anak baik agama maupun umum

Dalam membuat karakter atau kepribadian anak, peran orang tua sangat berpengaruh dan buah tidak akan jatuh jauh dari pohonya. Tapi banyak juga yang berbeda jauh dengan orang taunya, ada yang mejadi lebih baik ada juga yang menjadi buruk. Jadi tetaplah awasi anak – anak kita dan bagun kepribadian yang baik.

  1. Memberikan perhatian dan motivasi

Sebagai orang tua, kita jangan lepas untuk selalu memberikan perhatia dan motivasi pada anak kita. Jangan membuatnya gampang menyerah dengan apa yang sedang mereka jalani. Karena kalau buka kita siapa lagi, orang tua adalah segalanya bagi anak dan anak adalah segalanya bagi orang tua.

  1. Memberikan sadang, pangan dan papan yang baik dan layak

Bukan hanya tanggung jawab terhadap kepribadiannya saja tetapi bertanggung jawab untuk keberlangsungan hidupnya juga. kadang kita sebagai orang tua lebih baik tidak makan yang penting anak kita bisa makan. Jangan sampai kebalik atau malah menyuruh anak mengemis, itu sangat disayangkan dan mungkin di benci oleh Allah SWT.

Nah itulah doa orang tua agar bisa mendapatkan anak yang pintar, cerdas, penurut, tidak nakal dan berahklak baik. Memang peran kita sebagai orang tua sangat besar dan tanggung jawabnya juga sangat besar baik di dunia maupun di akhirat. Jika kita bisa membuat anak kita menjadi soleh, pintar, tidak nakal maka anak tersebut akan bisa menolong kita diakhirat nanti. Sebaliknya jika anak tersebut jahat, suka membangkak pokonya jauh dari kata baik. Bukannya menyelamatkan kita tapi bisa menjerumuskan kita pada neraka. Oya adapun ciri anak soleh yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu lihat apakah anak kita sudah termasuk kedalamya atau belum.

Ciri Anak Sholeh Pintar dan Berbakti

Jelas anak yang soleh itu anak yang berbakti ada orang tuanya, tidak nakal apalagi membangkang. Selalu pergi ke mesjid, tidak lepas dari membaca la quran serta matapelajaran yang telah diajarkan disekolahnya dan selalu ingin tahu. Pada intinya anak yang soleh itu anak yang baik dan selalu nurut apa yang dikatakan oleh orang tuanya dalam hal kebaikan, semoga bisa bermanfaat.

Populer Dilihat

  • doa agar anak nurut
  • doa agar anak nurut ibunya
  • doa supaya anak nurut
  • https://www ilmudoa net/doa-agar-anak-pintar-dan-sukses/
  • doa agar anak pintar dan tidak nakal
  • agar anak nurut sama ibu
  • doa agar anak nurut sama orang tua
  • doa agar anak jadi penurut
  • doa biar anak nurut
  • doa agar anak patuh pada orang tua

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*